Sejarah Band Linkin Park

Linkin Park adalah band nu metal yang berasal dari Agoura Hills, California, Amerika Serikat. Band ini terkenal dengan lagu-lagu seperti Numb, In the End, What I’ve Done, dan New Divide. Band ini juga dikenal karena memiliki gaya musik yang unik, lirik yang kuat, dan kolaborasi dengan berbagai musisi. Band ini terbentuk pada tahun 1996 dan masih aktif hingga sekarang meskipun mengalami perubahan formasi dan tragedi kematian vokalisnya.

Perjalanan Karier Band Linkin Park
1996-2000 Pembentukan dan Hybrid Theory
Band ini didirikan oleh Mike Shinoda (vokal dan gitar) dan Brad Delson (gitar) saat mereka masih bersekolah di Agoura High School. Mereka kemudian bertemu dengan Rob Bourdon (drum) yang juga bersekolah di tempat yang sama. Mereka mulai bermain musik bersama dengan nama Xero dan merekam beberapa demo. Mereka kemudian merekrut Dave Farrell (bass) dan Joe Hahn (DJ) yang merupakan teman kuliah Shinoda di Art Center College of Design. Untuk posisi vokalis utama, mereka mengajak Mark Wakefield yang merupakan manajer dari band Reel Big Fish.

Dengan formasi ini, mereka mencoba mendapatkan kontrak rekaman dari berbagai label, tetapi tidak berhasil. Mereka kemudian mengubah nama band mereka menjadi Hybrid Theory dan merilis EP pertama mereka dengan nama yang sama pada tahun 1999. EP ini hanya diproduksi sebanyak seribu kopi dan didistribusikan secara independen. Pada tahun yang sama, Wakefield memutuskan untuk keluar dari band karena frustasi dengan situasi band. Mereka kemudian mencari pengganti untuk Wakefield dengan mengirim demo mereka ke berbagai vokalis potensial. Salah satu yang menerima demo tersebut adalah Chester Bennington, seorang vokalis dari band Grey Daze. Bennington terkesan dengan demo tersebut dan mengirimkan rekaman suaranya kembali ke band. Band ini langsung menyukai suara Bennington dan mengundangnya untuk bergabung dengan band. Bennington pun menerima tawaran tersebut dan pindah dari Arizona ke California untuk bergabung dengan band.

Dengan formasi baru ini, band ini kembali mencoba mendapatkan kontrak rekaman dari berbagai label. Namun, mereka harus menghadapi masalah baru yaitu nama band mereka sudah dipakai oleh band lain. Mereka kemudian memilih nama Linkin Park sebagai nama band mereka, yang merupakan plesetan dari nama sebuah taman di Los Angeles, Lincoln Park. Nama ini dipilih karena mereka sering melewati taman tersebut saat pergi ke studio rekaman. Pada tahun 2000, setelah ditolak oleh 44 label, band ini akhirnya mendapatkan kontrak rekaman dari Warner Bros Records dengan bantuan Jeff Blue, seorang produser yang pernah bekerja dengan mereka sebelumnya.

2000-2004 Hybrid Theory dan Meteora
Pada tahun 2000, band ini merilis album pertama mereka dengan judul Hybrid Theory dengan singel utama One Step Closer. Album ini menampilkan gaya musik nu metal yang menggabungkan unsur rock, rap, dan elektronik. Album ini juga menampilkan kemampuan vokal Shinoda dan Bennington yang saling melengkapi serta permainan gitar Delson, bass Farrell, drum Bourdon, dan DJ Hahn yang serasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *