Sejarah Band Rock Dunia

Blog Ini Membahas Tentang Sejarah Band Rock Yang Ada Di Dunia

Uncategorized

Sejarah Band Alcatraz

Alcatraz adalah band heavy metal yang berasal dari Los Angeles, California, Amerika Serikat yang dibentuk pada tahun 1983 oleh Graham Bonnet (vokalis), Jimmy Waldo (keyboard), dan Gary Shea (bass). Band ini mengalami perpecahan dan perubahan formasi beberapa kali, sehingga saat ini terdapat dua versi Alcatraz yang berbeda, yaitu yang dipimpin oleh Bonnet dan yang dipimpin oleh Waldo dan Shea. Band ini terkenal dengan lagu-lagu seperti “Island in the Sun”, “Hiroshima Mon Amour”, dan “God Blessed Video”. Band ini juga dikenal karena pernah memiliki gitaris-gitaris handal seperti Yngwie Malmsteen, Steve Vai, dan Jeff Loomis. Band ini bubar pada tahun 1987, tetapi kembali aktif pada tahun 2007 hingga sekarang dengan merilis beberapa album baru dan melakukan tur di berbagai negara.

Perjalanan Karier Band Alcatraz
1983-1987: Pembentukan dan Album Pertama
Band ini didirikan oleh Graham Bonnet yang sebelumnya merupakan vokalis dari band hard rock Rainbow dan Michael Schenker Group. Ia ingin membentuk band baru yang lebih berorientasi pada heavy metal dan mencari musisi-musisi yang cocok untuk bergabung dengannya. Ia kemudian bertemu dengan Jimmy Waldo dan Gary Shea yang sebelumnya merupakan anggota dari band New England. Mereka sepakat untuk membentuk band bersama dan memberi nama band mereka Alcatraz sesuai dengan nama penjara terkenal di Amerika Serikat.

Mereka kemudian mencari gitaris untuk melengkapi formasi band mereka dan akhirnya menemukan Yngwie Malmsteen yang saat itu masih belum terkenal. Mereka terkesan dengan kemampuan gitar Malmsteen yang sangat cepat dan teknis. Mereka kemudian merekrut Jan Uvena (drum) yang sebelumnya merupakan anggota dari band Alice Cooper. Dengan formasi ini, mereka mulai menulis lagu-lagu untuk album pertama mereka.

Pada tahun 1984, mereka merilis album pertama mereka yang berjudul No Parole from Rock ‘n’ Roll dengan singel utama “Island in the Sun”. Album ini menampilkan gaya musik heavy metal yang dipengaruhi oleh band-band seperti Rainbow, Deep Purple, Scorpions, dan Judas Priest. Album ini juga menampilkan kemampuan vokal Bonnet yang kuat dan ekspresif serta gitar Malmsteen yang virtuoso. Album ini mendapat sambutan yang baik dari penggemar dan kritikus musik serta masuk ke urutan ke-128 tangga album Billboard 200.

1985-1986: Live Sentence dan Disturbing the Peace
Pada tahun 1985, mereka merilis album live pertama mereka yang berjudul Live Sentence dengan singel utama “Hiroshima Mon Amour”. Album ini berisi rekaman penampilan mereka di Tokyo, Jepang pada tahun 1984. Album ini menampilkan energi dan antusiasme band ini saat tampil di atas panggung serta improvisasi gitar Malmsteen yang mengagumkan. Album ini juga mendapat sambutan yang baik dari penggemar dan kritikus musik serta masuk ke urutan ke-133 tangga album Billboard 200.
<p>Pada tahun 1986, mereka merilis album kedua mereka yang berjudul Disturbing the Peace dengan singel utama “God Blessed Video”.

lebih modern dan melodi daripada album sebelumnya. Album ini juga menampilkan gitaris baru yaitu Steve Vai yang menggantikan Malmsteen yang keluar dari band pada tahun 1985 karena alasan kreatif. Vai memiliki gaya gitar yang lebih unik dan eksperimental daripada Malmsteen. Album ini mendapat sambutan yang baik dari penggemar dan kritikus musik serta masuk ke urutan ke-145 tangga album Billboard 200.

1987-1991: Dangerous Games dan Bubar
Pada tahun 1987, mereka merilis album ketiga mereka yang berjudul Dangerous Games dengan singel utama “It’s My Life”. Album ini menampilkan gaya musik heavy metal yang lebih pop dan komersial daripada album sebelumnya. Album ini juga menampilkan gitaris baru yaitu Danny Johnson yang menggantikan Vai yang keluar dari band pada tahun 1986 untuk bergabung dengan David Lee Roth. Johnson memiliki gaya gitar yang lebih klasik dan bluesy daripada Vai. Album ini tidak mendapat sambutan yang baik dari penggemar dan kritikus musik serta gagal masuk ke tangga album Billboard 200.

Pada tahun 1988, mereka merilis album kompilasi pertama mereka yang berjudul The Best of Alcatrazz dengan singel utama “Undercover”. Album ini berisi lagu-lagu terbaik dari album-album sebelumnya dan beberapa lagu baru. Album ini juga tidak mendapat sambutan yang baik dari penggemar dan kritikus musik serta gagal masuk ke tangga album Billboard 200.

Pada tahun 1991, band ini resmi bubar karena kurangnya minat dari publik dan industri musik terhadap musik heavy metal. Bonnet kemudian melanjutkan karier solonya dengan merilis beberapa album baru. Waldo dan Shea bergabung dengan band Warrant sebagai anggota tur. Malmsteen, Vai, dan Johnson juga melanjutkan karier solonya dengan merilis beberapa album baru.

2007-sekarang: Reformasi dan Album Baru
Pada tahun 2007, Bonnet mengumumkan bahwa ia akan mereformasi Alcatrazz dengan anggota-anggota baru yaitu Howie Simon (gitar), Tim Luce (bass), dan Glen Sobel (drum). Mereka mulai tampil di berbagai festival musik dan merilis album live kedua mereka yang berjudul Live ’83 dengan singel utama “Island in the Sun ’07”. Album ini berisi rekaman penampilan mereka di Long Beach, California pada tahun 1983. Album ini mendapat sambutan yang baik dari penggemar lama band ini.

Pada tahun 2010, mereka merilis album live ketiga mereka yang berjudul Live Sentence – No Parole from Rock ‘n’ Roll dengan singel utama “Hiroshima Mon Amour ’10”. Album ini berisi rekaman penampilan mereka di Tokyo, Jepang pada tahun 1984. Album ini mendapat sambutan yang baik dari penggemar lama band ini.

Pada tahun 2014, mereka merilis album live keempat mereka yang berjudul Live in Japan 1984 Complete Edition dengan singel utama “God Blessed Video ’14”. Album ini berisi rekaman penampilan mereka di Tokyo, Jepang pada tahun 1984 secara lengkap. Album ini mendapat sambutan yang baik dari penggemar lama band ini.

Pada tahun 2019, Bonnet mengumumkan bahwa ia akan mereformasi Alcatrazz lagi dengan anggota-anggota baru yaitu Joe Stump (gitar), Beth-Ami Heavenstone (bass), Jimmy Waldo (keyboard), dan Mark Benquechea (drum).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *